DAURAH TEACHING METHODS part 1


KABAR GEMBIRA BAGI PENGAJAR AL QUR'AN

Taj Al Waqar Qism Indonesia mengadakan: 

📚 DAURAH TEACHING METHODS 

Materi:
- Bagaimana menentukan kesalahan bacaan murid
- Bagaimana mengkoreksi kesalahan bacaan murid 
- Bagaimana menjelaskan kesalahan murid
- Bagaimana melatih bacaan thalibah dengan benar
- Dan materi lainnya 

👑 Bersama Ustadzah Soso Mohammad حفظها الله

🎀 Kamis & Jum'at, 12-13 Oktober 2023
🎀 Pukul 14.00-15.30 WIB


Dalam mengajar
1. Tirukan bacaan thalibah salah dan benar
2. Berlandaskan teori 
3. Berhadapan dengan thalibah
4. Gunakan media belajar
5. Evaluasi kesalahan thalibah apakah sudah mendekati yang benar
6. Memantau dan memberi persentase kesalahan
7. Apresiasi thalibah dengan pencapaiannya
8. Merangkum atau meringkas kesalahan thalibah 

Yang kita butuhkan

1. Fokus
2. Tidak terburu-buru 
3. Sabar dalam belajar

Prioritas² yang harus kita perbaiki 
1. Bagaimana huruf-huruf tersebut di susun
2. Harakat
3. Wakaf dan ibtida
4. Makhraj 
5. Praktek hukum dasar 
6. Tebal tipis
7. Sifat huruf
8. Kesesuaian tempo bacaan

Bagaimana memperbaiki Makhraj apa saja yang harus kita lakukan. Karena Makhraj adalah yang perlu diperhatikan 
Berikut langkah-langkahnya:

1. (Tanyakan makhrajnya kepada thalibah, kemudian beritahu seperti apa yang benar. Menjelaskan kepada thalibah, beritahu kepada thalibah yang benar keluar dari mana) Misal ذ bukan ز

2. Beritahu untuk thalibah untuk 
a. mensukunkan huruf tersebut 
b. Memberi hakat huruf tersebut 
Fathah, kasrah, dan dhammah 
Karena kadang ada beberapa harakat yang salah pengucapan maka ketika sudah benar maka minta untuk ikuti yang benar.

3. Sarankan untuk mengucapkan huruf yang semakhraj
Misal ز dengan س 

4. Bagaimana jika thalibah ada kesalahan lain, jangan di koreksi dulu namun fokus ke huruf pertama misalnya ketika membaca ta'awudz fokus berurutan dari huruf yang awal berurutan.

5. Jangan memberikan aa kepada thalibah dengan permisalan yang rumit namun gunakan yang umum saja agar mudah dipahami. 

6. Jangan mengoreksi semua kesalahan thalibah sekaligus namun satu persatu jangan 

Bagaimana memperbaiki Makhraj apa saja yang harus kita lakukan. Karena Makhraj adalah yang perlu diperhatikan 
Berikut langkah-langkahnya:

1. (Tanyakan makhrajnya kepada thalibah, kemudian beritahu seperti apa yang benar. Menjelaskan kepada thalibah, beritahu kepada thalibah yang benar keluar dari mana) Misal ذ bukan ز

2. Beritahu untuk thalibah untuk 
a. mensukunkan huruf tersebut 
b. Memberi hakat huruf tersebut 
Fathah, kasrah, dan dhammah 
Karena kadang ada beberapa harakat yang salah pengucapan maka ketika sudah benar maka minta untuk ikuti yang benar.

3. Sarankan untuk mengucapkan huruf yang semakhraj
Misal ز dengan س 

4. Bagaimana jika thalibah ada kesalahan lain, jangan di koreksi dulu namun fokus ke huruf pertama misalnya ketika membaca ta'awudz fokus berurutan dari huruf yang awal berurutan.

5. Jangan memberikan aa kepada thalibah dengan permisalan yang rumit namun gunakan yang umum saja agar mudah dipahami. 

6. Jangan mengoreksi semua kesalahan thalibah sekaligus namun satu persatu jangan juga sampai thalibah bosan atau down atas koreksi yang diberikan.

7. Ketika thalibah ada perkembangan maka terima jangan mengharapkan 100% benar namun kita harus bersabar kepada thalibah. Sedikit pencapaian thalibah penting untuk kita terima. 

8. Ketika kita bersabar kepada thalibh.jangan membuat mereka down jangan membuat mereka (sedih/down) atas apa yang sudah mereka usahakan. 

9. Sadarlah bahwa ketika kita menjadi Mu'alimah kita juga berproses maka jadilah Mu'alimah yang dinantikan thalibah kita. (Kita juga pernah mengalami itu jadi sabar atas proses thalibah kita)

10. Mencari kesalahn thalibah kemudian, tentukan titik kesalahan kemudian, latihan dari kesalahn itu satu persatu, huruf perhuruf. (Sabar jangan buru² saty persatu)

11. Jangan banyak bertanya kepada thalibah apalah kamu tahu kesalahanmu? (Sadar nggak ya kamu salahnya di mana)

12. Hindari qiyas² yang keliru namun permudah thalibah kita.

13. (Memberikan contoh penjabaran) Misalnya ketika thalibha kesulitan dengan huruf mad yang tercampur ghunnah maka jabarkan dulu lalu beri contoh dengan kata lain. 

14. Jika ada imalah pada saat thalibah membaca, sarankan untuk menjauhkan rahang dengan mengarahkan suara keluar dari Mulut. 

15. Jika ada ghunnah pada ya mad maka sarankan untuk menurunkan rahang bawah, suara keluarkan dari mulut, tengah lidah naik. 

16. Ketika thalibah membaca بسْـــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم namun kita merasa ada kesalahan pada kesempurnaan harakat, huruf maka jelaskan kesalahannya satu persatu. 

17. Mintalah untuk menggunakan cermin kepada thalibah agar bisa melihat mulutnya sendiri bahwa hurufnya masih salah. 

18. Jelaskan teori lalu praktek. Karena teori insyaallah memudahkan proses belajar.
---

19. Jangan biarkan thalibah cepat² membaca atau tergesa-gesa. Jika thalibah masih belum paham maka berikan contoh begini cara membacanya.

20. Ingatkan thalibah untuk Kondisi thalibah duduk dengan tenang.

21. Ingatkan thalibah untu keluarkan suara atau lantang maka akan mudah di koreksi jangan suara samar atau lirih

22. Ketika ada thalinah mengatakan maaf saya belum tahu, saya nggak tahu maka sampaikan mintalah pertolongan kepada Allah. Jangan mengatakan saya tidak tahu. Berilah semangat kepada thalibah kita itu.

23. Menghadapi thalibah yang berlebihan saat membaca. Maka berilah saran atau pemahaman agar ia tidak berlebihan saat membaca (cari cara ahsan saat menyampaikan)

---
Cara mengoreksi thalibah 

1. Ketila thalibah menghilangkan bertasyidid. 

Perhatikan hurf ر kamu membaca tadi tidak ada tasydid padahal di sini ada tasyid. Berikan contoh salah (seperti thalibah baca ini lihat sikon misalnya 2x coba ia bisa maka tidak perlu dilakukan) dan berikan Contoh yang benar. Maka ketika thalibah sudah benar Maka pujilah dia.

2. Gunakan media seperti papan tulis untuk menjabarkan kesalahan thalibah agar ia paham.

Allahu 'alam

0 Comments